Home   Blog   Isi Undangan Pernikahan

Isi Undangan Pernikahan

Kali ini SA Press akan berbagi tentang persiapan undangan pernikahan, bagaimana tips-tips nya, silahkan anda baca artikel di bawah ini.
Arti Undangan pernikahan adalah sebuah surat yang meminta penerima untuk menghadiri pernikahan atau Upacara pernikahan.
Undangan sendiri pada dasarnya di bagi 3 jenis menurut kepentingannya yaitu :

1. Undangan Formal :
Undangan yang mengatasnamakan sebuah Instansi / organisasi atau kedinasan. Bisasanya dipergunakan untuk kepentingan – kepentingan kedinasan ataupun bersifat struktural.

2. Undangan Semi Formal :
Undangan yang mengatasnamakan perorangan untuk kepentingan perorangan, meskipun kadang – kadang acara yang di laksanakan adalah acara resmi personal. Misalnya undangan acara resmi adat yang di berikan oleh seseorang kepada pemangku adat untuk melakukan acara yang bersifat sakral dan menjadi budaya di dalam masyarakat setempat.

3. Undangan Informal :
Undangan yang mengatasnamakan perorangan untuk kepentingan perorangan atau golongan. Misalnya sebagai contoh Undangan untuk acara ulang tahun anak – anak.

Di dalam undangan pernikahan sendiri masuk ke dalam jenis, undangan semi formal karena untuk kepentingan personal. Undangan pernikahan Semi Formal dalam pernikahan dibagi dalam 3 kategori, yaitu soft cover, hard cover dan undangan unik.

Dan untuk isi undangan bisa terserah keinginan anda (tidak terikat formalitas), apakah akan di isi secara panjang lebar, ataukah singkat padat tetapi yang perlu diperhatikan harus memuat materi inti sebagai berikut :

1. Nama kedua mempelai yang menikah ( Wajib ada )

Untuk penulisan nama di undangan, rata-rata menggunakan nama gelar, tapi ada juga yang tidak karena sungkan atau tidak mau mencolok atau terkesan sombong, tapi ini sudah jadi khalayak umum tentang penulisan gelar selalu ada, dengan pertimbangan juga kuliah lama-lama kan sayang title nya, 🙂 dan siapa tau juga relasi tamu undangan anda berminat dengan title anda masalah pekerjaan, siapa tahu kan.
Contoh : Anissa S.Kom Binti Aliyah dengan Galih S.kom Bin Abdullah

2. Nama masing-masing orang tua dari mempelai yang menikah ( Wajib ada )
3. Tempat pernikahan ( Wajib ada )
4. Waktu dan tanggal pernikahan ( Wajib ada )

dan tambahan lain lain yang bisa anda tambahkan adalah ( Tidak harus ada ):

A.Nama keluarga yang turut mengundang
B.Kutipan ayat-ayat suci
C.Kutipan kata-kata mutiara
D.Kutipan kata-kata nasehat

Dan yang terahir, kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan isi materi/redaksi undangan ini?
adalah 1bulan Sebelum Hari H anda.
Dengan asumsi 1bulan sebagai berikut materi undangan anda dikerjakan di percetakan 1 minggu kemudian jadi, jika melakukan pemesanan diluar kota asumsi nya adalah 1 minggu pengiriman, dan 2 minggu menyebarkan undangan sebelum hari H sudah selesai disebarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *