Home   Blog   Keunggulan cetak dengan mesin cetak digital

Keunggulan cetak dengan mesin cetak digital

Tak dapat dipungkiri, saat ini adalah era digital, demikian pula dengan teknologi cetak. Mesin cetak digital mulai menggeser mesin cetak manual. Namun pergeseran ini baru berjalan sampai pada tahap persiapan cetak dan mesin cetak untuk skala kecil.

Sementara untuk keperluan cetak dalam jumlah besar, melebihi 1.000 lembar, para pelaku usaha percetakan lebih mengandalkan mesin offset. Manager Percetakan Sultan Agung Press, Cahyo Prihantoro, mengatakan kalangan percetakan mulai melirik mesin cetal digital sejak 2008. Seiring perkembangan teknologi, pilihan mesin cetak semakin banyak, sehingga lambat lain pelaku usaha mulai meninggalkan mesin cetak manual dan beralih ke mesin cetak digital.

“Bisa dikata begitu (mesin cetak digital menggeser mesin manual-red). Selama itu memungkinkan aplikasi computerize diterapkan, seperti mesin yang yang kami rilis tidak lama lagi, mesin dilengkapi computer to plate dan automatic plate,” jelas Cahyo, saat ditemui pada saat Launching gedung dan mesin cetak digital SA Press november 2012, di Kompleks Kampus Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Dalam segi harga mesin cetak digital memang terbilang mahal. Sebagai perbandingan, mesin cetak digital yang sudah menerapkan sistem komputer untuk menggantikan film dan plat bisa dijual ke pasar seharga lebih dari Rp 1 miliar. Sementara mesin untuk keperluan serupa yang masih manual hanya Rp 500 juta. Namun lantaran mesin digital menawarkan kemudahan dalam penggunaan, kecepatan, praktis dan menghemat waktu, investasi lebih dari dua kali lipat itu tetap dirasa menguntungkan. Dengan mesin cetak digital juga meminimalkan kesalahan cetak yang sering terjadi di mesin manual.

SA Press menggunakan mesin cetak offset manual juga mesin cetak digital Ineo +7000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *